PC Seukuran Ibu Jari, Bisa Apa Aja Sih?

Dulu, PC mempunyai ukuran besar dan memakan banyak tempat di meja. Namun kini PC bisa dibuat hanya seukuran telapak tangan, bahkan seukuran jempol alias ibu jari.

Salah satunya Compute Stick, yang pertama diperkenalkan ke publik di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015 dan juga baru diluncurkan di Indonesia.

"Sebenarnya kurang tepat kalau dibilang seukuran ibu jari, mungkin lebih pas jika disebut seukuran dua ibu jari," canda Hermawan Sutanto, Channel Sales Director Intel Indonesia saat meluncurkan produk ini di Jakarta.

Meski ukurannya kecil, Compute Stick bisa berfungsi penuh layaknya sebuah PC. Ada dua pilihan OS yang ditawarkan, Ubuntu dan Windows 8.1. Spesifikasinya? 

Prosesor Intel quad core Atom Baytrail, storage 32 GB, dan RAM 2 GB. Konektivitasnya pun cukup lengkap, WiFi 802.11b/g/n, Bluetooth 4.0, dan sebuah port USB dan micro USB. 

Menurut Intel, banyak pihak yang bisa menfaatkan perangkat ini, baik pengguna rumahan sampai perusahaan besar.

Untuk pengguna rumahan misalnya, cocok dijadikan sebagai sarana home entertainment. Tinggal colokkan Compute Stick ke port HDMI di TV, maka TV itu akan menjelma sebagai smart TV. "Bisa dipakai untuk streaming YouTube, dan memainkan game ringan yang ada di app store," ujar Hermawan.
Compute Stick juga bisa dipaksa untuk 'bermain' game berat. Namun syaratnya ada sebuah PC lain dengan spek yang mumpuni untuk memainkan game tersebut. Lalu penggunanya bisa melakukan streaming game dari PC tersebut, dan seolah-olah memainkannya melalui Compute Stick.

Hermawan juga menyebut kalau Compute Stick cocok digunakan di perusahaan besar, sebagai pengganti thin client. Pun bisa digunakan di sekolah-sekolah untuk menghemat penggunaan listrik.

"Cukup menyediakan monitor, mouse, dan keyboard. Monitor zaman sekarang paling listriknya cuma 15 watt," tandas Hermawan. Compute Stick sendiri terbilang sangat hemat daya.

Untuk bisa dihidupkan, Compute Stick membutuhkan suplai daya dari port USB dengan rating 2A. Sayangnya, port USB yang biasanya TV yang beredar saat ini biasanya hanya bisa menyuplai daya sebanyak 600 mA. Jadi Compute Stick membutuhkan sebuah adaptor tersendiri.
Sumber
Share:

0 10 :

Post a Comment