'Terdorong' Cotton Bud, Kotoran Telinga yang Kering Bisa Picu Budek


Beberapa orang cenderung malas membersihkan kotoran telinga. Kondisi kotoran telinga yang dibiarkan dan mengering disebut-sebut bisa menyumbat telinga hingga membuat orang yang bersangkutan budek.

Menanggapi hal ini, dr Darnila Fachruddin SpTHT-KL dari RS THT Bedah Prof Nizar membenarkan bahwa kotoran telinga atau disebut juga getah telinga yang kering dan makin disodok menggunakan cotton bud akan menggumpal dan masuk ke dalam telinga.

"Hal itulah yang bisa menjadi penyebab budek," ujar dokter yang juga praktik di RSB Duren Tiga, Jakarta Selatan ini dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (6/5/2015).

Meski begitu, dr Darnila menegaskan sebetulnya produksi getah pada telinga tidak bisa dihindari dan pengeluarannya juga tidak bisa dicegah. Nah, hal yang bisa dilakukan adalah menjaga 'keamanan' telinga dari trauma akibat sodokan cotton bud atau benda asing lainnya.

Baca juga: Memakai Cotton Bud Hingga Diving, 6 Hal yang Bisa Merusak Telinga Anda

Untuk mengatasi getah telinga yang kering, intinya menurut dr Darnila jangan terlalu sering dikorek-korek. Lebih baik, dibiarkan saja karena dikhawatirkan getah telinga malah menggumpal dan terdorong ke dalam jika menggunakan cotton bud. Lantas, bagaimana jika telinga kemasukan air?

"Itu sebetulnya nggak apa-apa karena air akan keluar lagi dengan sendirinya. Selama nggak ada yang menahan karena kalau ada yang menahan bisa jadi penyebab budek," lanjut dr Darnila.

Lain halnya jika ada radang pada saluran eustachius, lama-kelamaan akan mengeluarkan congek dan bisa diperbaiki dengan operasi plastik untuk membuat gendang telinga baru. Dalam keseharian, kebiasaan-kebiasaan yang memicu budek di antaranya bermain atau bekerja di tempat dengan suara keras dan bising, mendengarkan musik dengan earphone, serta pengaruh usia dan konsumsi obat yang berisiko merusak saraf, misalnya saja obat untuk darah tinggi dan diabetes.

Ini yang Mesti Diperhatikan Jika Ingin Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Sumber
Share:

0 10 :

Post a Comment